Widget HTML Atas

Cara Cepat Mengekstrak File yang Berformat ISO tanpa Software dalam Hitungan Menit

Pada pagi menjelang siang ini saya akan memberikan trik untuk mengekstrak file yang berformat ISO tanpa susah payah harus menggunakan software..

Tapi sebelum itu saya ingin membahas dulu apa sih itu file ISO? untuk pembukaan artikel kali ini akan saya jelaskan dulu file ISO itu apa agar bisa membuka sedikit mata anda yang belum tahu dan belum paham apa itu file ISO.

File ini bukanlah sembarang file karena dirancang khusus penggunaannya untuk menyimpan segala informasi dari sebuah CD dan DVD. Informasi apa yang disimpan? Nah perbedaanya adalah file ISO menyimpan informasi berupa semua data yang berada pada sebuah CD dan DVD serta bagaimana tata letak file tersebut di dalam CD/DVD.

File ini biasanya banyak digunakan untuk mengkloning/duplikat CD/DVD. Masih bingung? Saya berikan contoh CD/DVD yang menggunakan file ISO, yakni CD Instalasi Sistem Operasi seperti windows.

Perbedaannya saat melakukan burning adalah, apabila kita melakukan pembakaran seperti yang biasa dilakukan seperti penyimpanan data ke dalam CD/DVD yakni berisi beberapa file, jadi pada file ISO beberapa file tersebut telah dipaketkan dalam satu file saja yaitu file ISO. (Sumber : http://share-comp.blogspot.co.id)

Oke saya harap sampai disini bisa dimengerti apa itu file ISO.

Nah, bagi kalian yang ingin mengekstrak file ISO ini agar bisa digunakan atau sekedar ingin tahu isinya apa, atau untuk keperluan lainnya, maka disini saya akan memberikan tutorial bagaimana cara mengekstrak file ini semudah kalian membalikkan telapak tangan.

Cara ini tanpa harus menggunakan software, jadi serba manual. Itung-itung agar semakin paham soal komputer, hehe

Oke, langsung saja ke TKP...

1. Yang pertama harus anda lakukan adalah pergi ke My Competer atau klik Win+E
2. Diujung atas sebelah kiri ada tab organize
3. Klik tab tersebut dan pilih "Folder and Search Option"
4. Maka akan muncul seperti gambar dibawah ini


5. Klik tab View dan hilangkan tanda pada kolom yang telah ditandai seperti gambar dibawah ini


6. Setelah melakukan hal tersebut lalu carilah file ISO yang ingin kalian ekstrak tadi. Klik kanan pada file ISO tersebut dan pilih pilihan "Rename".

Ex : nama file tersebut : window 7 ultimate.iso

7. Maka gantilah tulisan tebal diatas menjadi window 7 ultimate.rar/zip, tekan enter, lanjut ok.
8. Setelah selesai melakukan hal tersebut, maka format file yang tadinya ISO berubah menjadi file yang berformat ZIP/RAR. Jika sudah seperti itu nda tinggal mengekstrak file rar atau zip tersebut dan selesailah sudah cara ini.

Gimana teman-teman, Mudah bukan?

Cukup sekian trik dari saya, mohon maaf atas segala kekurangan. Jika masih  bingung tinggalkan komentar anda di bawah sini 👇

Thanks for coming 😎

Post a Comment for "Cara Cepat Mengekstrak File yang Berformat ISO tanpa Software dalam Hitungan Menit"

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload