Widget HTML Atas

Tips Trik Komputer Melihat Siapa yang Menggunakan PC Anda

Tips Trik Komputer Melihat Siapa yang Menggunakan PC Anda

Probskomputer - Keyboard Anda berpindah tempat. Ada sisa makanan di meja Anda, monitor bergeser ke sudut yang ganjil. Ini berarti seseorang telah menggunakan komputer Anda, namun Anda tidak punya bukti siapa yang melakukannya. Yang benar adalah bahwa orang yang menggunakan komputer Anda tidak hanya meninggalkan jejak di meja Anda, namun mereka juga meninggalkan sesuatu di komputer Anda, tanpa menyadarinya. Tidak perlu apa yang telah dilakukan orang pada PC Anda, kenyataannya adalah hampir semua yang Anda lakukan meninggalkan semacam jejak pada komputer. Anda hanya perlu mengetahui ke mana harus menemukan buktinya. Beberapa hal yang dapat meninggalkan jejak tersebut adalah merestart komputer, mencoba dan gagal login ke akun Windows, menjalankan aplikasi, browsing internet, membuka file dan masih banyak lagi. Dalam artikel ini, Paseban akan menunjukkan tips trik komputer pada Anda hal pertama yang harus Anda periksa jika Anda mencurigai seseorang telah menggunakan komputer, tanpa izin Anda.

Mengungkap Jejak

Jika Anda ingin menjadi detektif komputer untuk mencari tahu siapa yang menggunakan PC Anda, Anda harus menggunakan beberapa logika umum ketika mengingat apa yang ingin Anda periksa terlebih dahulu. Ada banyak tempat di dalam sistem komputer yang bisa Anda cari tahu.

Misalnya, jika Anda memiliki teman sekamar yang penggila game, dan Anda menduga bahwa mereka menggunakan PC Anda untuk gaming, maka Anda bisa melihat file log aplikasi. Atau, jika Anda menggunakan laptop di tempat umum dan Anda mencurigai salah satu teman menggunakan komputer Anda secara singkat ke internet, maka Anda bisa ke log internet untuk mengkonfirmasinya. Mengetahui di mana harus memulai, dapat secara drastis mengurangi jumlah waktu yang dibutuhkan bagi Anda untuk mengkonfirmasi kecurigaan Anda.

Periksa Windows Log

Tips trik komputer yang kedua adalah dengan memeriksa Windows Log. Salah satu alat yang digunakan analis IT adalah memeriksa Windows Log untuk melihat apa yang salah pada server, atau mengapa PC terus bermasalah pada titik tertentu saat boot. Windows log dapat memberitahu Anda banyak informasi tentang apa yang dilakukan komputer, dan mengapa gagal. Yang bagus adalah alat ini juga memegang banyak data informasi bahkan ketika sesuatu berjalan tidak sesuai. Anda bisa melihat Windows log dengan cara klik Control Panel, pilih Administrative Tools, dan pilih Computer Management.

Setelah itu, klik pada Event Viewer di bagian kiri bar navigasi, dan Anda akan melihat folder untuk Windows Log. Perbesar folder tersebut, Anda Anda akan melihat kategori berbeda untuk Windows log yang semestinya Anda gunakan.

Salah satu pilihan yang berguna di sini adalah Security log. Ini akan menunjukkan pada Anda setiap kali seseorang mencoba log out dari atau ke akun Windows Anda, atau jika mereka hanya me-reboot komputer Anda selama periode waktu ketika Anda tidak sedang menggunakan komputer.

Beralih antara Application log, Anda akan menemukan bahwa banyak informasi tidak berguna di sana untuk rata-rata pengguna. Namun, jika Anda berhati-hati meneliti, Anda akan mengetahui bahwa komputer Anda telah digunakan orang lain ketika Anda tidak di tempat. Di sini  Anda akan mengetahui aplikasi apa yang dijalankan orang tersebut pada komputer Anda, misalnya alat pencarian Windows. Sulit bagi siapa saja untuk menyangkal bukti tanggal dan waktu pada log aktivitas.

Recent Files

Salah satu cara untuk mengetahui apakah seseorang telah menggunakan komputer Anda adalah memeriksa file yang baru dimodifikasi. Ini adalah salah satu cara termudah untuk menangkap seseorang yang menggunakan komputer Anda tanpa izin. Tentu saja, salah satu cara tercepat untuk melihat file yang dibuka pada komputer Anda adalah dengan memeriksa “Recent Items” di menu Windows Start.

Ini mungkin bekerja jika Anda beruntung, namun jika orang tersebut cerdas, maka mereka mungkin akan mengklik kanan pada “Recent Items” dan memilih “Clear Recent Items List”, dan Anda tidak akan menemukan jejak apapun.

Namun jangan khawatir, Anda masih dapat mencari file yang baru dimodifikasi tersebut, yang mungkin tidak menunjukkan file apa yang telah dibuka, namun jika aplikasi yang mereka gunakan menulis file log atau error, atau mengubah file apapun pada komputer Anda, Anda akan dapat menemukannya dengan membuka Windows Explorer, klik pada drive C: (Local Disk), dan klik pada kolom pencarian dan pilih “Date modified”.

Setelah Anda memilih tanggal, Anda akan mendapatkan daftar penuh semua file yang telah dimodifikasi pada tanggal tersebut.

Buat Scheduled Task

Pilihan terakhir, jika Anda tidak dapat menemukan jejak apapun dari setiap aktivitas di PC saat Anda pergi, tapi Anda mengetahui ada seseorang yang menggunakannya adalah mengatur scheduled task yang akan mengirimkan email pada Anda setiap kali komputer Anda keluar dari mode sleep, atau ketika boot pertama.

Untuk melakukan hal ini, pergi ke shceduled tas dan buat task baru. Di bawah tab General, pastikan untuk mengatur tas berjalan baik pengguna telah login atau belum.

Di bawah tab Trigger, Anda dapat memberitahu Task Schedule ketika menjalankan tugas tertentu. Di kolom “Begin the task”, Anda dapat mengubahnya dari “On a schedule” ke “At startup”, atau “On workstation unlock”.

Jika tidak ada satupun dari pilihan tersebut yang baik untuk Anda, Anda dapat lebih spesifik dengan ketika Anda ingin memicu email Anda dengan memilih “On a event” dari daftar, kemudian memilih aplikasi atau sistem mana yang ingin Anda gunakan untuk memicu pemberitahuan bahwa seseorang menggunakan komputer Anda.

  • Untuk menemukan aplikasi tertentu, Anda bisa memilih “Application” dari daftar panjang tersebut, kemudian memilih aplikasi dari daftar “Source”.
  • Untuk memantau Event ID, Anda harus menemukan daftar Event ID di log aplikasi, atau Anda dapat mencari Windows Event ID pada lokasi berbeda.
  • Untuk tab Action, Anda dapat mengirim perintah Blat, yang akan mengeluarkan sebuah email, seperti: “c:\temp\blat\blat.exe”
  • Dengan parameter berikut: “-body Someone is using your computer! –to rdxxxxx@gmail.com –subject Computer Access A|

Hal lain yang dapat Anda lakukan jika Anda tidak memiliki waktu untuk mengaturnya sendiri, Anda bisa menginstal software seperti iSpy, yang dapat memantau penggunaan komputer dan mengambil screenshot secara otomatis.

Post a Comment for "Tips Trik Komputer Melihat Siapa yang Menggunakan PC Anda"

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload