Widget HTML Atas

Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch Pada Perangkat Jaringan Komputer

Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch

Pengertian Hub dan Switch

Pengertian Hub

Hub adalah perangkat jaringan yang sederhana. Hub tidak mengatur alur jalannya data di jaringan, jadi setiap packet data yang melewati Hub akan dikirim (broadcast) ke semua port yang ada hingga packet data tersebut sampai ke tujuan. Hal tersebut dapat membuat hub menjadi collisions dan memperlambat jaringan.

Pengertian Switch

Switch adalah sebuah perangkat keras yang memungkinkan terjadinya distribusi packet data antar komputer dalam jaringan dan mampu untuk mengenali topologi jaringan di banyak layer sehingga packet data dapat langsung sampai ke tujuan.

Secara fisik, switch dan hub memang terlihat sama, namun sebenarnya prinsip kerjanya adalah berbeda. Banyak sekali yang menyebutkan switch-hub, yang seolah-olah nama tersebut menggambarkan satu perangkat. Hub adalah hub dan switch adalah switch, keduanya merupakan perangkat jaringan yang tidak sama.

Hub dan juga Switch keduanya adalah alat jaringan komputer yang digunakan untuk central atau pusat, yang berfungsi untuk membagi koneksi yang terhubung dengan port agar komputer yang satu dengan komputer yang lain bisa terhubung. Adapun jumlah port workstation yang bisa saling terhubung sangat tergantung pada jumlah port yang ada pada Hub dan Switch.

Perbedaan Hub dan Switch Pada Perangkat Jaringan Komputer

1. Bekerja pada Lapisan  OSI Layer yang Berbeda

  • Hub bekerja pada OSI layer pertama, yaitu layer physical atau lapisan fisik. Tidak berbeda seperti kabel dan atau sinyal wifi, yang hanya menyalurkan data saja. 
  • Switch bekerja pada lapisan kedua pada OSI Layer, yiaitu Data Link.
Apabila di lihat dari lapisan OSI-nya, maka fungsi dari switch lebih kompleks dibandingkan dengan Hub

2. Cara Kerja

  • Kerja Hub hanya untuk menerima dan mengirimkan sinyal-sinyal listrik melalui kabel yang tersambung.
  • Switch tidak hanya mengirim atau menerima sinyal, tetapi juga memproses informasi pada layer data link. Informasi yang dicek berupa mac Address dari setiap komputer dan perangkat yang tersambung.

3. Tingkat Kehandalan

Walaupun cara kerja dari hub itu simpel, namun kinerja dari swicth lebih bagus dari hub. Mengapa demikian? Hal ini dikarenakan switch menggunakan sistem seleksi terhadap semua pernagkat atau komputer yang terhubung dengan dirinya. yang diseleksi oleh switch berupa MAC Address dari komputer atau perangkat jaringan yang terhubung.

Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch

Sedangkan hub tidak memiliki kemampuan tersebut, jadi setiap sinyal yang ditermia hub melalui salah satu port, maka akan dikirim secara menyeluruh ke semua port yang ada. Ini dikarenakan hub tidak mempunyai kemampuan untuk memastikan kemana tujuan sinyal yang diterimanya tersebut. Ingat, hub hanya untuk menerima dan mengirim sinyal.

Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch

4. Kecepatan Transfer Data

Karena switch menyeleksi terlebih dahulu mac address mana yang menjadi tujuan, maka hal ini membuatnya mengirimkan data lebih cepat. Tidak seperti hub yang mengirim sinyal secara menyebar/menyeluruh, tidak peduli perangkat mana yang menjadi tujuan data tersebut.

5. Pengaturan atau manageable

Hub sama sekali tidak bisa diatur atau di-setting. Switch dengan label manageable bisa diatur untuk memblokir atau mengijinkan komputer mana saja yang boleh tersambung dengan dirinya. Switch bisa membagi satu segment jaringan LAN menjadi dua atau lebih segment jaringan LAN meski secara fisik berada dalam satu jaringan yang sama, hal ini dikenal dengan istilah Virtual LAN atau VLAN.

6. Sistem Keamanan Jaringan

Ketika data yang dikirim oleh hub sampai pada tujuan, pasti data tersebut dalam kedaan utuh. Namun, tidak dengan switch, data yang terkirim tersebut belum tentu utuh. Bukan karena switch tidak mampu mengirim secara utuh. Melainkan setiap paket data yang dikirim oleh switch pasti periksa terlebih dahulu untuk memastikan setiap data yang terkirim bersifat aman. Jadi, untuk data yang dianggap mencurigakan tidak akan sampai pada komputer tujuan.

7. Harga

Telah kita ketahui berbagai macam kelebihan dari switch, seperti yang sudah dijelaskan diatas. Maka tak heran apabila harga switch bisa lebih mahal dibandingkan dengan hub.

8. Sistem Transmisi

Switch mentransmisikan paket data sesuai request dari komputer yang membutuhkan paket data tersebut, sedangkan hub mentransmisikan paket data yang masuk ke seluruh komputer yang terhubung dengan jaringannya.
Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch

9. Berdasarkan Fungsi Tambahan yang Dimiliki Keduanya

Hub

  • Hub hanya mampu memecah jaringan saja, sehingga data dari server bisa diteruskan atau ditransmisikan kepada komputer client
  • Hub mampu untuk meningkatkan kualitas sinyal dari sebuah jaringan, namun fungsi ini hanya terdapat pada smart hub, bukan hub standar.

Switch

  • Switch, selain mampu memecah jaringan dan meningkatkan sinyal, juga mampu untuk melakukan pembatasan pada paket data yang akan ditransmisikan
  • Switch juga memiliki kemanan yang lebih baik apabila dibandingkan dengan hub
Fitur yang kompleks dan lebih banyak tidak selalu membuat switch menjadi pilihan utama dalam teknologi jaringan komputer, terutama jaringan LAN. Tidak semua jaringan wajib menggunakan switch, kare beberapa pertimbangan. Berikut ini adalah perbandingan pertimbangan penggunaan hub dan juga switch dalam sebuah jaringan:

Hub

  • Digunakan pada jaringan LAN yang simple
  • Untuk pengimplementasian jaringan yang ekonomis
  • Biasa digunakan pada jaringan di dalam sebuah rumah, atau bisa juga digunakan pada sebuah rental komputer / warnet
  • User atau client tidak membutuhkan pembatasan dalam tranmisi paket data di dalam jaringan

Switch

  • Digunakan pada jaringan LAN yang lebih luas, seperti perkantoran, kampus, dan juga sekolah.
  • Cocok digunakan untuk mid hingga high budget network (implementasi jaringan yang memiliki biaya tinggi).
  • Cocok juga digunakan untuk jaringan yang membutuhkan keamanan yang tinggi.
Dibalik perbedaannya, hub dan switch memiliki persamaan yang cukup penting untuk diketahui. Berikut di antaranya.

Persamaan Hub dan Switch

1. Hub dan Switch Dari Sisi Penggunaan

Hub dan switch banyak digunakan pada sebuah jaringan computer yang pada umumnya memiliki topologi jaringan star, dimana pada topologi tersebut, hub dan juga switch memiliki peran untuk membantu memecah paket data yang diteruskan oleh server menuju komputer pc Client. Proses transfer jaringan ini nantinya akan membawa paket data dari server, kemudian diteruskan ke dalam jaringan berisi lebih dari satu komputer client melalui jaringan kabel

2. Fungsi Hub dan Switch

Fungsi Hub dan juga Switch pada dasarnya memiliki fungsi utama yang sama, yaitu keduanya sama-sama bertugas untuk melakukan pemecahan jaringan, sehingga paket data yang dikirim oleh server bisa diteruskan ke dalam sebuah Jaringan yang memiliki lebih dari satu komputer client.

Post a Comment for "Perbedaan dan Persamaan Hub dan Switch Pada Perangkat Jaringan Komputer"

Adblock Terdeteksi

Mohon matikan plugin Adblock untuk tetap mendukung situs ini berkembang

Disable Adblock & Reload